Di negara-negara maju media telah mempengaruhi kehidupan hampir sepanjang waktunya, mengapa demikian karena media di dalam Negara maju terus menunjukan eksploitasi kualitas yang lebih baik, atau juga banyaknya yang menggunakan media sehingga perkembangan media di Negara maju lebih di utamakan, dengan kata lain lebih banyak ekspos media dari waktu yang dipergunakan dalam pengembangan media, dan juga berarti lebih banyak dari waktu yang digunakan untuk belajar atas dasar media.
Media komunikasi atau juga media interaksi dalam dunia masyarakat menunjukan bahwa media mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan baik, media juga terdapat di dalam suatu pendidikan atau pembelajaran, media memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan maupun peningkatan mutu di suatu lembaga pendidikan tersebut karena mudah nya dalam hal pembelajaran visual terhadap siswa.
Sebelum banyak membahas tentang media setidaknya harus memahami arti dari kata media tersebut. Kata “media” berasal dari kata latin, yang merupakan jamak dari kata “medium”, secara harfiah kata tersebut mempunyai arti perantara atau pengantar. Akan tetapi sekarang kata tersebut digunakan, baik untuk bentuk jamak maupun mufrad. Kemudian telah banyak pakar dan juga organisasi yang memberikan batasan mengenai pengertian media.
Menurut Heinich, (1993) media merupakan alat saluran komunikasi. Perantara ialah sumber pesan dengan penerima pesan. Heinich mencontohkan media ini seperti film, televisi, diagram, bahan tercetak, computer, dan instruktur.
Heinich juga mengaitkan hubungan antara media dengan pesan dan metode. Pengaitan tersebut merupakan rangkaian kata yakni runtutan dari adaanya media harus menghasilkan pesan atau suatu informasi yang berisi suatu pesan, hingga pencapaian suatu pesan tersebut akan menjadi metode dalam penyampaian tersebut.
Selain berbeda pendapat dengan banyak nya pengertian dari intelek untuk mengartikan media,dapat dipahami bahwa, para ahli membatasi pengertian media dengan orang, bahan, teknologi, sarana, alat, dan saluran atau berupa kegiatan yang dirancang untuk terjadinya proses belajar, para ahli juga membatasi pengertian media dengan pesan atau informasi yang dibawa atau disampaikan melalui hardware sebagai mana tersebut di atas.
Batasan terakhir, bahwa pesan yang dibawa diperuntukan sebagai perangsang terjadinya proses belajar atau berkomunikasi
Media digunakan dalam pembelajaran aktif dalam lingkup siswa juga banyak di gunakan dalam komunikasi-komunikasi interaksi antar sesame manusia. Media digunakan sebagai alat bantu oleh seorang guru untuk menerangkan pelajaran.
Alat bantu yang mula- mula digunakan adalah alat bantu visual, yaitu berupa sarana yang dapat memeberikan pengalaman visual kepada siswa. Media memiliki peranan penting dalam pendidikan atau pembelajaran, pemanfaatan media pengajaran pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengajaran.
Dengan bantuan media. Dengan konsepsi semakin mantap fungsi media dalam kegiatan mengajar atau berkomunikasi tidak lagi peraga dari seseorang atau guru,melainkan pembawa informasi atau pesan pembelajaran atau informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian peran dan fungsi media pembelajaran disamping dengan alat bantu mengajar juga sebagai sumber belajar yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga
Post a Comment for "Pengertian Media: Saluran Komunikasi dan Alat Pembelajaran"